Agar Cat Mobil Tetap Berkilau

Mempunyai mobil dengan performa body dan mesin yang bagus tentu akan membagakan kita sebagai pemiliknya. Tentunya kita ingin mobil kesayangan kita terlihat baru dan elegan. Salah satu bagian mobil yang sangat mempengaruhi tampilan mobil secara keseluruhan adalah performa body mobil dengan kilatan khas catnya. Bagaimana cara merawat cat mobil agar mobil tetap terlihat kilap? Berikut ada beberapa tips agar cat mobil tetap berkilau.

 

Hindari sinar UV secara berlebih

Seperti halnya pakaian yang kita kenakan jika terkena sinar matahari terlalu sering maka akan berakibat pada pudarnya warna pakaian kita. Begitu juga dengan cat mobil. Semakin sering diparkir di areal terbuka dan terkena sinar UV secara langsung akan mempengaruhi warna cat pada mobil kita. Jika kita ingin bepergian dengan mengemudi mobil, sebaiknya carilah parkir mobil yang terlindung dari sinar UV secara langsung. Jika kita terpaksa memarkir mobil kita di tempat yang tak terlindungi dari sinra UV, sebaiknya tutup mobil kita dengan menggunakan cover mobil. Dengan mengurangi intensitas sinar UV yang mengenai cat mobil kita, warna cat mobil kita akan terjaga dan akan tetap berkilau.

 

Cuci mobil secara teratur

Kotoran yang melekat pada body mobil tentu saja akan mempengaruhi tampilan luar dari sebuah mobil. Kotoran seperti debu yang sudah lama melekat pada cat mobil akan mengakibatkan warna cat mobil tidak berkilau dan tampak pudar. Oleh karena itu kita perlu mencuci mobil secara rutin untuk menjaga kilau cat mobil dan menjaga kebersihan mobil. Setidaknya kita perlu mencuci mobil minimal dua minggu sekali untuk mencegah menumpuknya kotoran seperti debu dan zat polutan menempel pada cat mobil kita.

 

Cuci mobil di tempat teduh

Ternyata mencuci mobil di tempat yang teduh mempunyai efek yang cukup penting. Mencuci mobil di tempat teduh akan menghambat proses pengeringan pada mobil sehingga tidak akan meninggalkan bekas.

 

Gunakan sabun khusus pencuci  mobil

Ketika kita akan mencuci mobil, sebaiknya kita gunakan sabun khusus pencuci mobil yang mempunyai kadar PH yang seimbang. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kilau warna pada body mobil. Jangan menggunakan sabun colek atau detergent biasa karena hanya akan merusak cat mobil.

 

Jangan mencuci mobil dengan air panas

Cukup menggunakan air dingin saja untuk membersihkan bagian body mobil. Jangan menggunakan air panas karena air panas akan merusak lapisan cat mobil.

 

Beri lapisan wax (lilin)

Untuk menjaga kilau cat pada mobil sebaiknya kita gunakan lapisan wax (lilin) khusus untuk mobil yang tersedia di berbagai toko perlengkapan perawatan mobil. Lapisan wax akan memberikan efek shine coating dan juga berfungsi untuk melindungi warna cat mobil agar tetap berkilau dan original. Lapisan wax pada cat mobil juga berfungsi sebagai pelindung dari sinar UV dan zat polutan berbahaya.  Akan lebih baik lagi jika kita rutin melakukan waxing cat mobil minimal sekali dalam kurun waktu dua sampai 3 bulan untuk perlindungan ekstra. Jika kita menemukan ada beberapa bagian cat mobil yang terkelupas, segera perbaiki.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s